Cara meningkatkan kedisiplinan


Menurut pendapat Nitisemito (1991:201-206), cara meningkatkan kedisiplinan antara lain:
1.menekankan kesejajaran antara anggota. Oleh karena antara kedisiplinan dan kesejajaran mempunyai hubungan erat, hal ini berarti bagi organisasi yang ingin meningkatkan kedisiplinan perlu mempunyai metode kesejajaran antara anggotanya.
2.memberikan peringatan dan ketegasan serta hukuman ancaman yang diberikan tidaklah untuk menghukum, tetapi lebih bertujuan untuk mendidik mereka supaya bertingkah laku sesuai dengan yang diharapkan oleh organisasi.
3.pemimpin jangan sampai membiarkan suatu pelanggaran yang diketahui tanpa suatu tindakan atau membiarkan pelanggaran tersebut terjadi berlarut-larut tanpa tindakan yang tegas.
4.dengan jalan memasukkan unsur partisipasi, maka anggota akan merasakan peraturan tentang ancaman hukuman adalah hasil persetujuan bersama.
5.kedisiplinan yang hendak ditegakkan tersebut haruslah sesuai dengan kemampuan dari para anggota.
6.keteladanan pimpinan mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam menegakkan kedisiplinan, sehingga untuk itu keteladanan pimpinan harus diperhatikan.
 Apabila dikaji lebih dalam, pendapat ini menekankan pada sikap mentalitas dan kewajiban yang ada dalam diri seorang pemimpin maupun seorang anggota dalam suatu organisasi.

Apakah anda menyukai artikel (Cara meningkatkan kedisiplinan)?


1 Responses to "Cara meningkatkan kedisiplinan"
Top Training Indonesia mengatakan...

Terimakasih informasinya

Posting Komentar

My Blog

 
Copyright © 2011 | Berbagi Cerita Motivasi - Artikel Motivasi Converted into Blogger Template by Misleim Mizy.blogspot.comReturn to top of page